Oleh: mpp07 | 28 Mei 2009

Pemandian Air Panas Alam Cimanggu

airpanasKolam pemandian air panas Cimanggu berada pada ketinggian kurang lebih 1.100 m dpl yang di sekitarnya terdapat hamparan perkebunan teh yang luas dan dapat ditempuh dari kota Bandung melalui jalur Ciwidey Pangalengan. Berjarak hanya 45 Km dari Bandung. Kolam pemandian air panas Cimanggu berada pada ketinggian kurang lebih 1.100 m dpl yang di sekitarnya terdapat hamparan perkebunan teh yang luas. Di kawasan obyek wisata ini para pengunjung dapat berjalan-jalan santai sambil menikmati kesejukan udara dan keindahan alam di sekitar obyek wisata yang mempunyai dataran landai serta kawasan yang sedikit bergelombang.
Daerah Ciwidey yang merupakan tempat di mana daerah Air Panas Cimanggu berada. Daerah ini sangat kaya dengan sumber air panas alam dengan kandungan belerang yang dapat dimanfaatkan untuk terapi penyembuhan berbagai penyakit seperti penyakit kulit dan rheumatik. Di tempat ini juga disediakan berbagai fasilitas kegiatan berwisata seperti kolam renang untuk anak dan dewasa, kamar-kamar tempat berendam serta area playground tempat bermain anak.
Pesona alam yang indah serta suasana lingkungan yang menyenangkan didukung dengan areal pemandian air panas Cimanggu yang cukup bersih dan nyaman ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan berwisata bagi anda yang berkunjung ke daerah Kabupaten Bandung khususnya ke daerah Ciwidey-Pangalengan.
Potensi Wisata Cimanggu
Kawasan Taman Wisata Alam Cimanggu termasuk dalam tipe hujan tropis dataran tinggi dan memiliki hutan alam dengan pohon yang cukup banyak jenisnya yaitu : puspa (Schima wallichii), rasamala (Altingia excelsia), pasang (Querqus sp), kihujan (Ebgelhardia serrata), kitembaga (Eugenia cuprea), saninten (Castanopsis argentea), baros (Magleatea glauca), pinus (Pinus mercusii), kayu putih (Eucalyptus) dan lain-lain.
Sebagai ciri dari hujan tropis, jenis-jenis epifit dan liana serta beberapa jenis anggrek dapat kita temui, antara lain anggrek kadaka (Drynaria spp), anggrek japati (Phalaenopsis spp) dan kumpai (Lycopodium carimatum). Liana yang terdapat pada kawasan ini mayoritas berkayu serta mempunyai batang yang panjang, besar dan memanjat sampai ke tajuk-tajuk pohon.
Dengan berbagai floranya, kawasan Taman Wisata Alam Cimanggu merupakan habitat yang cocok bagi kehidupan satwa-satwa liar. Jenis satwa liar yang dapat dijumpai pada kawasan ini antara lain Surili (Presbytis comata), babi hutan (Sus vitatus), rusa (Cervus timorensis), kancil (Tragulus javanica), macan kumbang (Panthera pardus), kijang (Muntiacus muntjak), ayam hutan (Galus gallus dan gallus varius). Sedangkan jenis-jenis burung yang dapat dijumpai antara lain burung belibis (Dendro sygna javanica), tekukur (Screptopelia chinensis), gagak (Carpus enca), serta burung pipit (Lonchura leucogastroides).
Objek wisata alam yang terdapat di kawasan TWA Cimanggu, diantaranya :
1. Sumber Air Panas
Terdapat sumber air panas yang dapat dijadikan sebagai daya tarik tersediri bagi kegiatan wisata. Sumber air panas di kawasan ini terdapat di lokasi Cimanggu, Ranca Upas dan Gunung Tunduh.
2. Makam Keramat
Makam keramat Sangiang Buruan sampai saat ini banyak dikunjungi orang dari daerah lain di Pulau Jawa baik muda mudi maupun orang tua dengan maksud untuk berziarah. Di makam keramat tersebut terdapat sembilan makam diantaranya makam Eyang Jaga Reksa, makam Eyang Jambrong, makam Eyang Dalem Kusuma, makam Eyang Raden Sakembaran, makam Eyang Sanga Waringin, makam Eyang Giling Pangancing dan makam Eyang Istri.

About these ads

Responses

  1. untuk lokasi makan keramat saya blm pernah nemuin lokasinya dmn? klo bole tau lokasi jelasnya berada di sebelah mana? dari pemandian air panas cimanggu? thx atas infonya … :D


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: